Penyebab Populasi dan Harga Babi Stabil Jelang Akhir Tahun - Beritabadung.id

Ekbis

Penyebab Populasi dan Harga Babi Stabil Jelang Akhir Tahun

Rabu, 29 Desember 2021 | 22:00 WITA
Penyebab Populasi dan Harga Babi Stabil Jelang Akhir Tahun

beritabali/ist/Penyebab Populasi dan Harga Babi Stabil Jelang Akhir Tahun.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabadung.id, Mengwi.
Menjelang akhir tahun, populasi Babi dan harga daging Babi di pasaran Bali umumnya masih cukup stabil bahkan cenderung terjadi penurunan harga dibandingkan saat menjelang hari Raya Galungan lalu.
Hal ini disampaikan Wakil Dekan 2 Fakultas Peternakan Unud, Ketua Persepsi Komda  Bali yang juga Ketua PII Cabang Karangsem, Dr. Ir. Budi Rahayu Tanama Putri,S.Pt,.MM.,IPU.,ASEAN.Eng. Ia mengatakan, hal ini disebabkan karena populasi Babi di Bali perlahan-lahan mulai meningkat. 
"Seiring dengan meningkatnya kesadaran peternak dalam penerapan biosecurity, serta berbagai program pemerintah dalam menanggulangi virus ASF," jelasnya, Rabu (29/12) di Badung.
Berdasarkan data BPS (2021) populasi Babi terbanyak ada di Kabupaten Buleleng, yakni sebanyak 105.130 ekor, diikuti Kabupten Karangasem dengan populasi babi sebanyak 100.598 ekor.
"Peternakan Babi di Buleleng dan Karangasem masih bertahan pascabadai kasus ASF ini, disebabkan karena mayoritas masyarakat di kabupaten tersebut melakukan usaha peternakan Babi skala rakyat dengan jumlah ternak kurang dari 10 ekor, dengan pekerja adalah  pemilik atau anggota keluarga sendiri sehingga, pemulihan kondisi dan penanganan serta pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan lebih cepat," paparnya.
Sedangkan jika dilihat dari kondisi penyebaran virus ASF di Bali saat ini perlahan-lahan mulai mereda. Faktor utama memiliki peran penting bagi kesehatan ternak adalah manajemen pemeliharaan ternak yang baik.
"Diawali dari pemilihan bibit yang berasal dari induk yang baik dan sehat, pemberian pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik, pemberian vaksinasi dan vitamin atau mineral yang dibutuhkan, manajemen perkandangan, serta penerapan biosecurty yang baik. Keseluruhan faktor tersebut memegang peranan yang sama penting dan saling terkait  dalam upaya untuk menjamin kesehatan ternak," bebernya.
Halaman :

TAGS : Berita Badung Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Badung Terkini Berita Badung Hari Ini Info Badung Beritabadung Informasi Badung


Beritabuleleng.com - Media Online Buleleng Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Buleleng, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

BALI TRENDING

BERITA BALI TV