Begini Upaya Desa Darmasaba Sosialisasi Imbauan - Beritabadung.id

News

PPKM Darurat

Begini Upaya Desa Darmasaba Sosialisasi Imbauan

Sabtu, 17 Juli 2021 | 17:20 WITA
Begini Upaya Desa Darmasaba Sosialisasi Imbauan

beritabali/ist/Pelaksanaan PPKM Darurat di Desa Darmasaba, Badung.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabadung.id, Abiansemal.
Selain menggunakan pendekatan humanis, Desa Darmasaba juga memanfatkan imbauan lewat rekaman audio yang dibuat, disebar dan diputar di pusat-pusat keramaian masyarakat dalam menyosialisasikan penerapa PPKM Darurat.
Perbekel Desa Darmasaba, IB Surya Prabhawa, Sabtu (17/7) mengatakan, hal tersebut disebut efektif dalam upaya sosialisasi dan imbauan ketengah masyarakat dalam kondisi saat ini.
"Sistem digunakan dalam pelaksanaan ini adalah menggunakan pendekatan humanis yang simpatik kepada masyarakat, memberikan informasi kepada masyarakat supaya muncul kesadaran hukum melaksanakan PPKM tanpa paksaan," jelasnya.
Selain itu dilakukan sosialisasi dalam bentuk lain misalnya, memberi imbauan menggunakan lewat media rekaman audio yang didengarkan di pusat-pusat keramaian masyarakat.
"Melalui sosialisasi langsung dan melalui imbauan rekaman audio yang kami buat disebar dan di putar di banjar-banjar dan pasar, serta tempat-tempat umum," ujarnya.
Menurutnya, PPKM Darurat di Darmasaba telah berjalan sesuai dengan surat edaran, dilaksanakan sosialisasi dan pemantauan oleh Relawan Desa Aman Covid-19 Desa Darmasaba yang terdiri dari perangkat desa, prajuru adat, satgas covid-19 berbasis desa adat.
"Sejauh ini masyarakat Darmasaba dapat dilaporkan memiliki kesadaran yang baik dalam kepatuhan," ucapnya.Penanganan kepada penduduk pendatang diawali pendataan dengan pembuatan dokumen penduduk non permanen, melakukan sosialisasi langsung dan melibatkan Satpol PP dalam razia rutin.
"Untuk penduduk pendatang dalam situasi saat ini masih taat dan terkendali karena pendekatan kami lakukan juga ke pemilik-pemilik kontrakan atau kos-kosan dan pemberian fasilitas kesehatan seperti vaksinasi dan lain-lain yang dapat mereka terima juga sehingga, mereka menghargai program pemerintah," paparnya.
Menurutnya adapun kendala sementara dihadapi dalam PPKM darurat tentu saja ada benturan antara aturan hukum dan ekonomi kerakyatan. Solusi ini kembali dengan sosialisasi dan melalui program pembinaan dengan konsep penjualan online dan giat “membeli produk tetangga”.
Dirinya berharap, PPKM Darurat ini dapat segera selesai karena dinilai memberatkan masyarakat dalam hal ekonomi terutama yang hajat hidupnya darisana, tetapi tentu kesehatan hal utama, Covid-19 harus dapat dikendalikan dan diputus sehingga kebijakan pemerintah pasti memikirkan dampak lebih luas.

Penulis : Kontributor Badung

Editor : Agung


TAGS : Desa Darmasaba PPKM Darurat Perbekel Desa Darmasaba Covid-19


Beritagianyar.com - Media Online Gianyar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Gianyar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya