News

Krematorium Jadi Sorotan, Desa Adat Mengwi Edukasi Krama

 Minggu, 29 Mei 2022, 22:25 WITA

beritabali/ist/Krematorium Jadi Sorotan, Desa Adat Mengwi Edukasi Krama.

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabadung.id, Mengwi. 

Desa Adat Mengwi melaksanakan program kegiatan Dharma Wacana dengan tema "Upacara Upakara Atiwa-tiwa".

Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu 29 Mei 2022 diwantilan Pura Dalem Desa Adat Mengwi.

Acara tersebut diikuti dari berbagai elemen yakni 4 Sulinggih se-wewidangan Desa Adat Mengwi, Walaka, Serati Desa Adat Mengwi, Para Baga Desa serta Kelian Adat Se-desa Adat Mengwi yang juga dalam hal ini sebagai perwakilan masing - masing banjar yang ada di wewidangan Desa Adat Mengwi.

Dharma wacana ini merupakan suatu ide gagasan yang muncul saat rapat kecil para Baga Desa Adat Mengwi yang mulai khawatir dengan keberadaan krematorium (kremasi) yang mulai mencuri perhatian masyarakat yang kurang paham dengan upakara atiwa-tiwa dan jenis upakara lainnya, karena dianggap lebih efisien. 

Ida Pedanda Mandhara Putra Kekeran, sebagai Narasumber, turut serta mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa Adat Mengwi, yang dalam hal ini berkeinginan untuk belajar dan memahami tentang upacara upakara atiwa-tiwa yang sudah sejak dulu menjadi perbincangan masyarakat karena ketidak jelasannya. 

Di dalam Dharma wacana, Ida Pedanda Mandhara Putra Kekeran menyampaikan, masyarakat perlu memahami yadnya berdasarkan aksara dan dresta, tidak semena - mena beryadnya tanpa sasaran, 

"Oleh karena karena itu jangan pernah enggan untuk belajar dan belajar tentang aksara dan dresta," Ucap Ida Pedanda.


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV